Memahami apa Potensi sumber daya udara dan Potensi sumber daya air Beserta unsurnya

Potensi sumber daya udara

Potensi sumber daya udara
ilustrasi Potensi sumber daya udara

Potensi sumber daya udara adalah potensi sumber daya yang tidak tampak mata, tidak berbau, dan tidak ada berasa. Kehadiran nya hanya dapat dilihat dari adanya angin (udara yang bergerak) yang menggerakkan benda - benda seperti pohon yang tertiup angin, air yang bergelombang dan lain-lain. Walaupun demikian udara merupakan salah satu jenis sumber daya alam sama seperti air, tanah, bahan tambang, laut dan hutan.

Baca Juga
Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII,yuk kenali potensi alam indonesia beserta contoh sumber daya dan manfaatnya 

Udara termasuk sumber daya alam karena udara mempunyai banyak fungsi bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Manusia dan hewan pasti membutuhkan udara untuk bernapas. Tumbuhan juga membutuhkan udara untuk melakukan proses pembentukan zat makanan karbohidrat oleh tumbuhan (fotosintesis). Zat makanan yang dihasilkan sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia dan hewan lainnya. Udara juga berfungsi untuk melindungi kehidupan di permukaan bumi dari sinar ultraviolet dan benda- benda dari angkasa luar yang jatuh ke bumi. Lapisan udara atau atmosfer yang menyelubungi bumi menyaring radiasi ultraviolet yang dapat mengganggu kehidupan di permukaan bumi. Benda-benda yang jatuh dari luar angkasa akan hancur sebelum sampai ke bumi. Udara terdiri dari 3 unsur utama yakni:

1. udara kering

Udara kering adalah unsur utama pembentukan udara yang terdiri atas nitrogen, oksigen dan lain-lain. Sebagian besar unsur penyusun udara kering adalah nitrogen, baru berikutnya unsur oksigen dan sejumlah unsur lainnya yang kecil persentase nya. Walaupun volume nya kecil, tapi unsur - unsur tersebut memiliki fungsi masing-masing yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan.

2. Uap air

Didalam udara terdapat uap air yang berasal dari hasil penguapan (evaporasi). Proses pemanasan oleh cahaya matahari mengakibatkan tubuh - tubuh air (sungai, danau dan laut) sebagai akan berubah menjadi uap air yang mengisi udara diatas nya. Karena itu uap air tersebar tidak merata dipermukaan bumi. Persebaran uap air tergantung pada intensitas penyinaran matahari dan keberadaan tubuh - tubuh air disuatu wilayah.

Baca Juga
Dinamika kependudukan indonesia kelas 7 lengkap dengan contoh,permasalahan dan faktor - faktornya

3. Aerosol

Selain uap udara kering dan uap air dalam udara juga terdapat benda - benda berukuran kecil yang karena beratnya sangat ringan yang disebut aerosol. Ia mampu melayang - layang diudara. Aerosol dapat berupa partikel berbentuk garam, garam natrium, karbon, sulfat, nitrat, kalsium, kalium, silikat, partikel - partikel dari gunung berapi dan lain-lain. Aerosol dengan mudah dapat kita lihat ketika ada cahaya matahari yang masuk lewat celah-celah pada suatu bangunan. Benda-benda kecil itu melayang - layang dan akan terlihat dengan jelas.

Tanpa semua unsur penyusunan udara tersebut tentu kehidupan tidak berjalan seperti sekarang ini. Uap air dalam udara sangat bermanfaat untuk proses terbentuknya hujan. Aerosol sangat bermanfaat untuk kondensasi dan pembentukan hujan. Ketika uap air berubah menjadi titik air uap air perlu tempat untuk bertengger. Tempat itu adalah partikel - partikel yang melayang di udara atau aerosol. Tanpa adanya aerosol hujan akan sulit terjadi. Melihat begitu kita sangat menyadari pentingnya udara bagi kehidupan dan tepat dikatakan jika udara merupakan salah satu manfaat potensi sumber daya udara dari potensi sumber daya alam.

Bagi negara Indonesia ruang udara menyangkut kedaulatan negara. Hal ini karena ruang udara merupakan salah satu pembentukan wilayah suatu negara selain daratan. Karena itu diperlukan pengaturan pemanfaatan ruang udara misalnya untuk kepentingan lalu lintas dirgantara. Sebagai contoh pesawat militer tidak diperbolehkan lewat wilayah udara suatu negara tanpa izin negara yang bersangkutan.Sebagai warga negara indonesia kita harus memahami bagaimana cara menjaga potensi sumber daya udara agar tetap sehat.

Potensi sumber daya air

Potensi sumber daya air adalah sumber daya berupa air yang memiliki daya guna atau berpotensial bagi manusia. Kegunaan air meliputi penggunaannya pada bidang pertanian, industri, rekreasi, rumah tangga, dan aktifitas lingkungan lainnya. Sumber daya air di Indonesia sangat berlimpah karena curah hujan yang besar. Namun dibeberapa daerah seperti di nusa Tenggara Timur sumber daya air nya kurang karena curah hujan yang kecil. Disamping itu kondisi tanah di NTT berbatu hingga air tidak dapat meresap dengan baik ke dalam tanah.

 Baca Juga
Kekurangan air pada musim kemarau umum nya lebih banyak terjadi karena kerusakan lingkungan akibat ulah manusia. Ini karena akibat hutan telah ditebang untuk kepentingan manusia. Sedangkan hutan berfungsi sebagai menyimpan cadangan air saat musim hujan. Pada musim hujan air hujan mengalir ke sungai dan kemudian ke laut tanpa banyak mengisi cadangan air dalam tanah. Akibatnya pada musim kemarau hanya sedikit air dalam tanah yang tersedia akibat penebangan hutan yang tidak terkendali. Tidak hanya air yang mengalir ke sungai - sungai yang ada sehingga sungai - sungai tersebut menjadi kering. Air di Indonesia tersedia dalam berbagai bentuk antara lain air hujan, air danau, air sungai dan air tanah.

MovieLovers

Hello Iman idris here Hobi nonton dengerin musik membaca dan mncoba menuangkan dlm sebuah tulisan Syafirmaniman@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

aad

Terkini

">