Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII,yuk kenali potensi alam indonesia beserta contoh sumber daya dan manfaatnya

Potensi sumber daya alama indonesia

Potensi sumber daya alama indonesia
ilustrasi Potensi sumber daya alama indonesia


Potensi alam diindonesia merupakan keseluruhan kenampakan alam yang terkandung di dalam batas wilayah negara indonesia. Indonesia memiliki keanekaragaman sumber daya alam hayati yang melimpah ruah.sebagian besar hutan yang ada di indonesiamerupakan hutan hujan tropis, yang tidak saja mengandung kekayaan hayati flora yang beranekaragam, tetapi juga teremasuk ekosistem terkaya didunia sehubungan dengan aneka kehidupan liarnya. Indonesia memiliki kawasan hutan hujan tropis yang terbesar di asia – pasifik yaitu diperkirakan 1.148.400 kilometer persegi. Hutan indonesia termasuk paling kaya keanekaragaman hayati di dunia.

Bentuk - bentuk Potensi Alam

Berikut bentuk – bentuk potensi alam yang terdapat diindonesia;

Potensi Sumber Daya Hutan

a. Potensi sumber daya hutanHutan yang terdapat diindonesia sering disebut hutan hujan tropis yang digambarkan hutan yang sangat lebat. Dengan potensi yang sangat besar dengan luasnya mencapai 99,6 juta hektar atau 52,3% dari luas wilayah indonesia. Luas hutan terbesar ini masih bisa kita jumpai di papua, kalimantan, sulawesi dan sumatra. Selain utan yang luas hutan indonesia juga menyimpan berbagai kekayaan alam flora dan faunanya. Bahkan banyak diantaranya spesies endemik atau hanya ditemukan di indonesia dan tidak ditemukan ditempat lain contohnya anoa, burung maloe, dan komodo. Hutan hujan tropis yang terdapat di indonesia juga menghasilkan buah – buahan dan juga obat – obatan. Namun sebagaian besar hutan yang banyak dikenal penduduk sebagai sumber kayu. Secara umum berikut jenis – jenis kayu dan sebarannya di hutan indonesia;

1. Kayu keruing,meranti,agathis, dihasilkan terutama di paua,sulawesi dan kalimantan.

2. Kayu jati banyak dihasilkan di jawa tengah.

3. Rotan banyak dihasilkan di kalimantan, sumatra utara dan sumatra barat.

4. Kayu cendana banyak dihasilkan di nusa tenggara timur.

5. Kayu rasamala dan akasia banyak dihasilkan di jawa barat.

Baca Juga

Potensi Sumber Daya tambang

b. Potensi sumber daya tambang

Indonesia merupakan sumber salah – satu negara di dunia yang kaya akan bahan tambang. Beranekaragam bahan tambang tersedia untuk memenuhi kebutuhan baik dalam negeri maupun luar negeri. Aktifitas tambang telah banyak menghasilkan devisa bagi indonesia. Berikut macam – macam hasil bahan tambang diindonesia;

1. Batu bara

Berasal dari macam – macam tumbuhan tropis pada masa prasejarah tumbuh – tumbuhan termasuk jenis paku – pakuan. Tumbuhan itu tertimbun hingga berada dalam lapisan batu – batuan sedimen yang lain. Proses ini di sebut juga inkolen yang terbagi menjadi dua yaitu proses biokimia dan proses metamorposis.

Proses biokimia adalah proses terbentuknya batu bara yang dilakukan oleh bakteri anaerob dan sisa tumbuh – tutmbuhan yang menjadi keras karena beratnya sendiri. Jadi tidak ada kenaikan suhu dan tekanan. Proses ini mengakibatkana tumbuh – tumbuhan menjadi gambut (turf).

Proses metamorfosis adalah proses terjadi karena tekanan dan suhu yang sangat tinggi dan berlansung dalam waktu yang lama. Pada proses ini sudah tidak ada bakteri lagi.

Berikut daerah yang menghasilkan tambang batu bara diindonesia;

a. Ombilin dekat sawahlunto (sumatra barat) menghasilkan batu bara muda yang sifatnya mudah hancur.

b. Bukit asam dekat tanjung enim (palembang) menghasilkan batu bara muda menjadi atrasit karena pengaruh magma.

c. Kalimantan barat, kalimantan tengah,kalimantan timur, kaliimantan selatan (pulau laut/sebuku).

d. Jabi,riau,aceh, dan papua.

2. Minyak bumi dan gas

Minyak bumi mulai terbentuk pada zaman primer,skunder, dan tersier. Minyak bumi berasal dari mikroplankton yang terdapat di danau – danau, teluk – teluk,rawa- rawa dan laut dangkal. Sesudah mati mikroplankton berjatuhan dan mengendap didasar laut, kemudian bercampur dengan lumpur yang dinamakan lumpur sapropelium. Akibar dari lapis – lapisan dan pengaruh panas magma terjadilah proses destilasi hingga terjadilah minyak bumi kasar. Pembentukan minyak bumi memerlukan waktu jutaan tahun. Mutu minyak bumi indonesia cukup baik. Kadar sulfur (belerang) minyak bumi indonesia sangat rendah sehingga mengurangi asap kotor yang menimbulkan pencemaran. Berikt daerah penghasil minyak bumi di indonesia;

a. Pulau jawa,cepu,cirebon,dan wonokromo

b. Pulau sumatra,palembang,(sungsi gerong dan sungai plaju), dan riau (dumai)

c. Pulau kaliimantan,pulau tarakan,pulau bunyu,kutai dan balik papan.

d. Pulau irian,sorong.

Pengelolaan minnyaka bumi ini menghassilkan avgas,avtur,super 98,premium,mimyak tanah,minyak solar,minyak diesel,minyak bakar. Minyak bumi sangat berperan penting dalam perekonomian indonesia karena dapat menghasilkan devisa negara. Indonesia menjadi anggota organisasi negara pengekspor minyak (OPEC) meskipun akhir – akhir ini indonesia juga mengimpor minyak dalam jumlah besar.

Baca Juga

3. Gas alam

Indonesia mempunyai banyak tempat yang mengandung minyak bumi dan gas alam. Gas alam merupakan campuran beberapa hidrokarbon dengan kadar karbon kecil, terutama metan,propan,dan butan yang digunakan sebagai bahan bakar. Ada dua macam gas alam cair yang diperdagangkan yaitu LNG dan LPG.

LNG merupakan singkatan dari liquified natural gas (gas alam cair) yang terdiri dari gas metan dan etan membutuhkan suhu dingin untuk menyimpannya. Gas alam cair diproduksi di srun dan badak.selanjutnya diekspor ke jepang.

LPG adalah singkatan dari liquifiedpatroleum gas (gas minyak bumi cair) terdiri dari gas propan dan butan.elpipgi inilah yang digunakan untuk bahan bakar kompor gas atau pemanas lainnya.

Berikut keunggulan minyak dan gas dibandingkan sumber energi lainnya;

a. Minyak bumi dan gas bumi mempunyai nilai kalori yang tinggi.

b. Minyak dan gas bumi menghasilkan berbagai macam bahan bakar.

c. Minyak buni menghasilkan berbagai macam pelumas

d. Minyak bumi dapat dipakai bahan baku petrokimia misalnya bahan tekstil dan bahan plastik.

e. Sifat cair minyak bumi lebih praktis karena mudah dibawa dan disimpan dalam berbagai bentuk.

4. Tembaga

Banyak manfaat yang dihasil bahan tambang tembaga dalam industri peralatan listrik, industri konstruksi,pesawat terbang,kapal laut,atap,pipa ledeng,dekorassi rumah,mesiin – nesin peretanian,pengatur suhu ruangan,dan lainsebagainya. Aktifitas penambangan tembaga bs dijumpai di papua oleh PT. Freeport.

5. Timah

Timah sendiri dimanfaatkan sebagai bahan baku logam pelapis,solder,cedera mata,dan lain sebagainya.aktifitas penambangannya dapat dijumpai di sungai liat pulau bangka, manggara pulau belitung, dan dabo pulau singkep sereta pulau karimun.

Baca Juga

6. Emas

Emas sangat identik dengan dibuat perhiasan.daerah yang menghasilkan emas diantaranya jawa barat (cikotor dan pongkor),papua (freeport dan timiika),kalimantan barat (sambas), nangroe aceh darussalam(meulaboh),sulawesi utara (bolaang mongondow,minahasa),riau (logos), dan bengkulu (rejang lebong).

7. Marmer

Marmer adlah barang tambang yang terbentuk dari proses malihan batu gamping atau batu kapur. Marmer banyak digunakan untuk seni pahat,patung,meja,lantai,dinding,dll.untuk penambangannya dapat dijumpai di daerah tulung agung jawaa timur, lampung, dan makasar.

8. Mangan

Mangan merupakan hasil tambang yang digunakan untuk proses pembuatan besi baja,baterai kering,keramik gelas dan sebagainya. Ini terdapat di daerah tasikmalaya (jawa barat),kripin(yogyakarta) dan martapura(kalimantan selatan).

9. Nikel


Nikel merupakan bahan paduan logam yang banyak digunakan di perindustrian logam, nikel ditambang didaerah soroako sulawesi utara. Daerah lain yang memiliki potensi nikel adalah papua dan maluku.

MovieLovers

Hello Iman idris here Hobi nonton dengerin musik membaca dan mncoba menuangkan dlm sebuah tulisan Syafirmaniman@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

aad

Terkini

">