Belajar Bahasa Indonesia tentang Teks deskripsi,Mengenal dan Mengidentifikasi ciri objek,tujuan,dan isi teks deskripsi

Teks deskripsi


Mengidentifikasi ciri objek,tujuan,dan isi teks deskripsi

Pasti kalian sudah tidak asing dengan teks deskripsi..?? karena dalam kehidupan sehari – hari setidaknya kita pernah membaca atau mendengar teks deskripsi. Teks deskripsi adalah salah satu jenis teks yang berisi penggambaran suatu objek secara terperinci. Adanya proses penggambaran dalam teks deskripsi dapat membuat pembaca seolah – olah melihat dan ikut merasakan suatu objek yang dijabarkan tersebut. Teks deskripsi juga memiliki ciri objek,tujuan,dan isi sebagaimana yang akan kita bahas dibawa ini.


a. Objek/hal yang dideskripsikan
Ciri objek teks deskripsi bersifat khusus dengan ciri tertentu yang berbeda dengan umumnya. Objek digambarkan dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis.

b. Tujuan teks deskripsi
Teks deskripsi bertujuan untuk menggambarkan objek dengan cara memerinci suatu objek dari sudut pandang penulis. Teks deskripsi menggambarkan/melukiskan secara rinci dan menggambarkan sekongkret mungkin suatu objek/suasana/perasaaan sehingga pembaca seakan – akan melihat,mendengar,mengalami apa yang di deskripsikan.

c. Isi teks deskripsi
Isi teks diskripsi diperinci menjadi perincian bagian – bagian objek. Isi teks deskripsi menggambarkan secara kongkret misalnya menggambarkan wisata yang indah yang akan dikongkretkan indahnya seperti apa, menggambarkan ibu yang baik akan dikonkretkan baiknya seperti apa.

Mengidentifikasi jenis teks deskripsi

Teks deskripsi dikembangkan menjadi tiga jenis yaitu sebagai berikut

a. Teks deskripsi subjektif
Teks deskripsi subjektif menyajikan suatu objek berdasarkan kesan yang dimiliki penulis atau pengarang teks tersebut.

b. Teks deskripsi spatial
Objek yang diijelaskan dalam teks deskripsi spatial berupa benda,tempat, dan ruang.

c. Teks deskripsi objektif
Objektif pada dasarnya memiliki pengertian apa adanya dan tidak terpengaruh dengan pendapat orang lain. Jadi, teks deskripsi objektif memberikan penjelasan suatu objek berdasarkan keadaan objek yang sebenarnya.

Baca Juga

Ciri penggunaan bahasa pada teks deskripsi

Berikut ciri teks deskripsi berdasarkan segi penggunaan bahasa.

a. Penggunaan kata khusus dan kata umum.
b. Kalimat perincian untuk menjelaskan objek secara terperinci dan konkret.
c. Pemilihan kata sinonim dengan emosi yang kuat guna mendukung teks deskripsi .
d. Penggunaan majas.
e. Kata ganti. Tujuan penggunaan kata ganti yaitu untuk memperhalus bahasa yang digunakan. Kalimat lebih efektif serta tidak berulang – ulang sehingga kalimat yang digunakan tidak terkesan bertele – tele.

Struktur dan bahasa teks deskripsi

Setiap ajenis dalam pembelajaran bahasa indonesia memiliki struktur pembangun dan kebahasaan yang berbeda – beda.

Mencermati struktur teks deskripsi

Struktur adalah bagian – bagian terpisah pada teks yang membangun sebuah teks menjadi suatu teks yang utuh. Teks deskripsi memiliki tiga unsur struktur pembangunan yakni

a. Identifikasi
Bagian ini berisi penentuan identitas seseorang, benda, atau objek pada struktur bagian identifikasi, objek didefinisikan secara umum.

b. Klasifikasi
Bagian ini berisi penyusunan bersistem dalam kelompok menurut suatu kaidah atau standar yang telah ditetapkan. Bagian ini menyajikan perincian sebagai objek yang diperinci bedasarkan tanggapan penulis.

c. Deskripsi bagian
Bagian ini berisi kesimpulan atau kesan mengenai objek yang dibicarakan dalam teks deskrips. Pada bagian ini memuat manfaat objek. Deskripsi bagian sekaligus berfungsi sebagai penutup teks.

Menelaah penggunuaan bahasa pada teks deskripsi

Penggunaan bahasa dalam teks diskripsi yaitu sebagai berikut
a. Penggunaan kalimat rincian untuk mengkonkretkan.
b. Pengguuunaan kalimat yang menggunakan panca indra.
c. Penggunaan kata berimbuhan dengan kata dasar.
d. Penggunaan sinonim pada teks deskripsi.
e. Penggunaan kata depan pada teks deskripsi.
f. Pengguunaan kata khusus.
g. Penggunaan kata depan di- dan huruf kapital.
h. Mendaftar kalimat bermajas.
i. Penggunaan pilihan kata yang bervariasi.

Baca Juga

Menyajikan teks deskripsi

Menyajikan teks deskripsi terdapat dua cara yaitu

1.Menyajikan teks deskripsi secara lisan
Teks deskripsi dapat disajikan secara lisan seperti sedang membacakan sebuah berita atau menceritakan kisah perjalanan. Ini bisa dilatih dengan cara mengamati berbagai video. Salah satu contohnya yaitu tentang jalan – jalan ditempat wisata. Beberapa hal yang perlu diperhatikanmenyampaikan teks deskripsi secara lisan antara lain materi,pola peengembangan yang digunakan ,bahasa aspek – aspek berbicara.

2.Menuliskan teks deskripsi
Teks dskripsi dapat ditulis dengan langkah awal menentukan objek yang akan dijabarkan. Setelah itu menentukan tujuan teks mengumpulkan data – data yang berhubungan dengan objek dan mulai menulis rancangan tulisan teks deskripsi.

MovieLovers

Hello Iman idris here Hobi nonton dengerin musik membaca dan mncoba menuangkan dlm sebuah tulisan Syafirmaniman@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

aad

Terkini

">