Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII,Potensi sumber daya tanah dan bermacam jenis Berdasarkan sifat bantuan induknya

Potensi sumber daya tanah


Tanah merupakan tempat manusia melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Mereka bercocok tanam, membangun rumah, membangun jalan dan lain-lain. ada banyak Potensi sumber daya tanah yang kita miliki. Berdasarkan sifat bantuan induknya secara umum tanah di Indonesia dapat dibedakan menjadi sebagai berikut:

A. Tanah dengan bahan induk vulkanik

Potensi sumber daya tanah yang pertama adalah Tanah vulkanik awalnya berbentuk dari material vulkanik yang dikeluarkan saat gunung berapi meletus. Material vulkanik yang dikeluarkan dari gunung berapi terdiri atas lava (magma yang mencapai permukaan bumi melalui letusan gunung berapi) dan lahar (campuran air dan batuan yang menuruni lereng gunung berapi sebagai akibat adanya gaya gravitasi). Istilah lava juga bisa berarti aliran batuan yang cair yang mengalir ke kawah. Tanah vulkanik terbentuk dari material vulkanik yang melalui proses panjang pelapukan yang sangat lama. Biasanya lebih subur dibandingkan jenis tanah lainnya. Inilah mengapa daerah yang berada disekitar pegunungan menjadi daerah paling subur. Sebaran tanah vulkanik tentu saja sesuai dengan sebaran
gunung berapi yang ada di indonesia. Umumnya terdapat di Jawa, Sumatra, bali, nusa Tenggara serta jumlah daerah di Sulawesi dan Maluku. Dengan demikian sebaran tanah vulkanik berada di pulau Sumatera disepanjang bukit barisan, pulau Jawa kecuali di utara pegunungan kendeng (Brodjonegoro), pulau Bali, nusa Tenggara barat, nusa Tenggara Timur kecuali pulau samba dan timor. Selain itu tanah vulkanik terdapat di Maluku kecuali dikepulauan kei dan aru, serta bagian utara Sulawesi.

Baca Juga

B. Tanah dengan bahan induk bukan vulkanik (tanah tertier)

Bahan induk dari tanah ini bukan hasil aktivitas atau letusan gunung berapi. Jika kita memperhatikan peta sebaran tanah di Indonesia sebaran tanah nya sebagai berikut:
Sebelah timur dari rangkaian pegunungan diSumatera (pegunungan Bukit Barisan), kepulauan Riau bangka dan belitung dan lain - lainnya. Bagian utara Jawa Timur (sebelah utara pegunungan kendeng) dan Madura, bagian kecil dari Bali dan nusa Tenggara Timur (sumba dan Timor). Sebagian besar wilayah Sulawesi, kalimantan dan sebagian besar papua. Sebagian besar Maluku.

C. Tanah organik

Tanah organik ini juga sering disebut dengan tanah humus yaitu tanah yang terbentuk dari sisa sisa tumbuhan. Di Indonesia tanah organik dikenal juga dengan tanah gambut. Jenis tanah ini banyak ditemukan di rawa-rawa yang luas seperti di sepanjang pesisir kalimantan, dipantai timur Sumatra, disekitar muara membramo, dan disebelah utara marauke, papua. Warna tanah ini coklat kelam hitam sampai berwarna hitam.

 Baca Juga

nah bagaimana pasti sudah paham dengan Potensi sumber daya tanah yang ada di indonesia beserta macam - macam jenis Potensi sumber daya tanah Berdasarkan sifat bantuan induknya dan sebaran daerah mana saja yang ada di indonesia.

MovieLovers

Hello Iman idris here Hobi nonton dengerin musik membaca dan mncoba menuangkan dlm sebuah tulisan Syafirmaniman@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

aad

Terkini

">