6 Keragaman Etnik dan Budaya di indonesia beserta contoh keanekaragamannya

Keragaman Etnik dan Budaya

Keragaman Etnik dan Budaya
ilustrasi Keragaman Etnik dan Budaya

Keragaman Etnik dan Budaya yang terdapat dalam kehidupan sosial manusia melahirkan masyarakat majemuk. Secara etnik, bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk dengan jumlah etnik yang besar. Etnik merupakan seperangkat keadaan atau kondisi spesifik yang dimiliki oleh kelompok masyarakat tertentu atau kelompok etnik. Yang dimaksud dengan sekelompok etnik yaitu sekumpulan orang atau individu yang mempunyai budaya dan sosial yang unik serta menurunkannya kepada generasi mereka yang berikutnya. Kita memiliki budaya yang beranekaragam,budaya tersebut tercermin di dalam bahasa daerah,kesenian daerah, lagu daerah, tarian daerah, rumah adat, senjata khas, alat musik tradisional, dan berbagai kegiatan lainnya yang bernilai seni. Agar pemahaman kita lebih mendalam tentang keanekaragaman budaya, berikut akan dibahas secara rinci.

a. Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia termasuk Keragaman Etnik dan Budaya yang merupakan bahasa nasional dan Bahasa 
persatuan. selain bahasa Indonesia, kita juga meniliki banyak bahasa daerah setiap provinsi atau kabupaten mempunyai bahasa daerah sendiri. Banyak bahassa daerah yang ada di indonesia. di indonesia terdapat lebih dari 660 bahasa yang digunakan oleh penduuk Indonenia di Papua terdapat sekitar 260 bahass daerah yorg digunakan sehari - hari. di Maluku terdapat sekitar 233 bahasa daerah dan di Sulawesi ada sekitar 105 bahasa daerah,di Kalimantan terdapat 77 Bahasa daerah dan ada 63 bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat Nusa Tenggara Barat. Adapun di sumatra terdapat 38 bahasa daerah serta bahasa daerah di Jawa dan Bali.

Baca Juga

b. Kesenian Daerah

Kesenian daerah merupakan segala bentuk karya sori yang berciri khas daerah tertentu Keseninn daerah tu biasanya dijadikan sebagal hiburan masyarakat, pengiring dalarn upacaran adat, dan pertunjukan ümum.

c. Pakaian Adat

Pakaian adat merupakan salah satu unsur keragarmaan budaya. Biasanya, Pakaian adat pria terdiri atas tutup kepala, baju, dan hiasan-hiasan, sedangkan pakalan adat wanita terdiri atas baju kebaya, penutup kepala dan hiasan-hiasan. Pakaian adat setiap daerah berbeda-beda, namun di beberapa daerah, sering ada kemiripan, misalnya untuk wanita, menggunakan kain dan kebaya. Hanya hiasan atau perlengkapanya saja yang berbeda.

d. Senjata Tradisional

Selain pakaian adat berbagai jenis, Indonesia juga memilik beragam senjata tradisional. Beberapa nama senjata khas daerah, misalnya kujang dari Jawa Barat, rencong dari Aceh,keris dari Jawa Tengah/Yogyakarta, badik dari Sulawesi Selatan, piso surit dari Sumatra Utara, celurit dari Jawa Timur,Madura, karih darí Sumatra Barat, Mandau darí Kalimantan Barat, Trisula darí Sumatra Selatan, pedang jenawi darí Riau,pela/pokek dari Sumbawa, golok dari Jakarta dan lain-lain.Senjata tradisional ini sering dikenakan saat mermakai baju adat.

Baca Juga

e. Alat Musik

Alat musik tradisional Indonesia merupakan salah satu hasil karya seni kita. Sebagian besar daerah di Indonesia memiliki alat musik tradisional. Alat-alat musik tersebut ada yang terbuat darí kayu, bambu, logam, kulit binatang yang kawan dan masih banyak yang lainya.Beberapa contoh alat musik daerah misalnya kolitang, talempong, kecapi, gamelan, sasando,tifa, rebana, gendang, angklung, dan suling.

f. Rumah Adat

Rumah adat juga termasuk Keragaman Etnik dan Budaya yang merupakan rumah asli penduduk atau masyarakat suatu daerah. Hampir semua daerah di Indonesia memiliki rumah adat.

MovieLovers

Hello Iman idris here Hobi nonton dengerin musik membaca dan mncoba menuangkan dlm sebuah tulisan Syafirmaniman@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

aad

Terkini

">