Pelajari niat,keutamaan dan kelebihan Puasa Asyura bagi Umat Muslim

Puasa Asyura


Bulan muharam sendiri memiliki makna penting bagi umat muslim karena menandainya sebagai pergantian tahun dalam kalender hijriyah. Tak hanya itu di bulan ini juga terdapat dua moment yang sangat penting dan dihormati serta diperingati umat islam yakni peringatan tahun bar hijriyah dan hari asyura.

Bagi masyarakat Muslim pasti sudah tau jika Jumat 28 Juli 2023 adalah hari untuk puasa asyura ditahun 2023,ini berdasarkan kalender hijrah tahun 2023 M (1444 H – 1445 H) Yang di sah kan oleh kementerian agama republik indonesia. Puasa asyura sendiri adalah salah satu ibadah puasa yang dilaksanakan khusus dibulan Muharam tepatnya di hari ke sepuluh dibulan muharam.

Baca Juga

niat,keutamaan dan kelebihan Puasa Asyura bagi Umat Muslim

Untuk pengerjaannya Puasa Asyura sama dengan puasa lainnya hanya berbeda di Niatnya sedangkan yang lainnya sama yakni

نَوَيْتُ صَوْمَ عَاشُورَاءَ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin 'an adaa'i sunnatil aasyuuraa lillaahi ta'aalaa.

Artinya,
"Aku berniat puasa sunah Asyura esok hari karena Allah SWT.”
 
  • disunahkan makan sahur supaya lebih tahan dan kuat menjalani puasa esok harinya.

  • Menjauhkan diri dari hal – hal yang dapat membatalkan maupun mengurangi pahala puasa misalnya makan dan minum seerta yang lain – lainnya.

  • Dianjurkan memperbanyak amal kebaikan misalnya sholat membaca AL – Quran dan beersedeqah.

  • Menyegerakan berbuka ketika masuk waktu berbuka

  • Membaca doa buka puasa
Baca Juga

Keutamaan dan kelebihan puasa asyura adalah diampuni Nya segala dosa setahun yang lalu sebagaimana terdapat dalam Sabda Rasulullah SAW dalam sebuah riwayat dari Abu Qatadah Al Anshary yang artinya

“puasa arafah akan menghapus dosa dua tahun yang lalu dan yang akan datang dan puasa asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim)

MovieLovers

Hello Iman idris here Hobi nonton dengerin musik membaca dan mncoba menuangkan dlm sebuah tulisan Syafirmaniman@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

aad

Terkini

">