Black Panther: Representasi, Budaya, dan Keberagaman dalam Marvel Cinematic Universe

Black Panther

Black Panther: Representasi, Budaya, dan Keberagaman dalam Marvel Cinematic Universe
Chadwick Boseman sebagai Black Phanter

Sinopsis

Black Panther adalah film superhero Amerika Serikat tahun 2018 berdasarkan karakter Marvel Comics dengan nama sama. Diproduksi oleh Marvel Studios dan didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures, film ini merupakan film kedelapan belas dari Marvel Cinematic Universe. Film ini disutradarai oleh Ryan Coogler yang juga bertindak sebagai penulis skenario bersama Joe Robert Cole, dan dibintangi oleh Chadwick Boseman sebagai T'Challa / Black Panther, bersama dengan Michael B. Jordan, Lupita Nyong'o, Danai Gurira, Letitia Wright, Winston Duke, Angela Bassett, Forest Whitaker, dan Martin Freeman.

Baca Juga
Killmonger: Menggali Karakter Vilain yang Kuat dalam Film Black Panther

Representasi dan Budaya

Black Panther menjadi film superhero pertama yang menampilkan pahlawan berwarna kulit hitam sebagai tokoh utama dalam Marvel Cinematic Universe. Film ini memberikan representasi yang lebih baik bagi komunitas berwarna kulit hitam di Amerika Serikat dan menjadi fenomena budaya yang memecahkan rekor box office. Selain itu, film ini juga menampilkan budaya Afrika yang kaya dan teknologi canggih Wakanda yang terinspirasi dari kebudayaan Afrika.

Keberagaman

Black Panther: Representasi, Budaya, dan Keberagaman dalam Marvel Cinematic Universe
Okeye, Nakia, & Dora Milaje

Black Panther juga menampilkan keberagaman dalam jajaran pemainnya, dengan pemeran kulit hitam yang mendominasi film ini. Film ini juga menampilkan karakter-karakter seperti Okoye, Nakia, Killmonger, M'Baku, Dora Milaje, Panther God, dan Everett Ross.

Pengaruh film Black Panther

Black Panther memiliki pengaruh besar dalam gerakan Afrofuturisme, yang menggabungkan elemen-elemen Afrika dengan teknologi dan fiksi ilmiah. Wakanda sebagai negara fiksi yang maju secara teknologi dan memiliki budaya Afrika yang kaya, menjadi contoh yang baik dalam gerakan ini.

Karya Terkait

Black Panther juga memiliki karya terkait dalam bentuk komik, seperti karya-karya Ta-Nehisi Coates, Reginald Hudlin, Christopher Priest, dan Brian Stelfreeze.

Pemeran Black Panther

Black Panther: Representasi, Budaya, dan Keberagaman dalam Marvel Cinematic Universe
Letitia Wright sebagai saudari T'Challa

Beberapa pemeran dalam film Black Panther juga memiliki pengaruh besar dalam industri film, seperti Danai Gurira, Lupita Nyong'o, Michael B. Jordan, Letitia Wright, Winston Duke, Angela Bassett, Forest Whitaker, dan Martin Freeman.

Produksi dan Penghargaan

Film Black Panther mendapatkan pujian dari para kritikus atas pengarahan, skenario, akting, desain kostum, nilai produksi, dan soundtrack-nya. Film ini juga memenangkan tiga penghargaan Oscar, yaitu Best Costume Design, Best Production Design, dan Best Original Score.

Baca Juga

Kesimpulan

Black Panther adalah film superhero yang memberikan representasi yang lebih baik bagi komunitas hitam di Amerika Serikat dan menampilkan budaya Afrika yang kaya serta teknologi canggih Wakanda yang terinspirasi dari kebudayaan Afrika. Film ini juga menampilkan keberagaman dalam jajaran pemainnya dan memiliki pengaruh besar dalam gerakan Afrofuturisme. Black Panther menjadi fenomena budaya yang memecahkan rekor box office dan memenangkan tiga penghargaan Oscar.

MovieLovers

Hello Iman idris here Hobi nonton dengerin musik membaca dan mncoba menuangkan dlm sebuah tulisan Syafirmaniman@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

aad

Terkini

">